Cara menurunkan berat badan bisa dibilang adalah salah satu cara atau tips yang paling dicari di ranah maya. Hampir semua orang menginginkan berat badan ideal dan memiliki tubuh yang proporsional – meski memang kadang tindakan tidak berbanding lurus dengan keinginan tersebut. Padahal untuk menurunkan berat badan, yang perlu kita perhatikan adalah makanan yang tepat!

Salah satu yang paling utama adalah mengganti nasi putih menjadi nasi merah / beras merah. Kita pasti sudah mengakuilah bahwa orang Indonesia pasti tidak bisa lepas dari nasi. Maka dari itu, tidak perlu ekstrim pula untuk tidak mengkonsumsi nasi demi menurunkan berat badan. Namun, harus tahu cara menyiasatinya dengan mengganti beras putih menjadi beras merah yang JAUH LEBIH SEHAT. Beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada nasi putih biasa. Tahukah Anda bahwa beras merah tidak melewati penggilingan atau pengelupas kulit. Nah, lapisan kulit inilah yang memiliki kandungan nutrisi dan serat yang penting untuk kesehatan. Sangat berbeda dari nasi putih yang melalui proses penggilingan sehingga seratnya terbuang.

Setidaknya berikut beberapa alasan Anda harus memilih beras merah sebagai cara menurunkan berat badan Anda:

1. Kenyang yang lebih lama
Mengkonsumsi beras merah sangat baik bagi Anda yang ingin melakukan diet. Ini dikarenakan beras merah mengandung karbohidrat komplek yang mampu menyuplai energi lebih lama. Karbohidrat kompleks sendiri dikenal baik bagi kesehatan. Tidak hanya terdapat pada beras merah saja tetapi Anda pun bisa mengkonsumsi gandum dan oatmeal.

2. Bagus untuk pencernaan
Kandungan serat dalam beras merah 6 kali lebih tinggi daripada pada nasi putih. Berikut beberapa manfaat beras merah:

  • Melancarkan pencernaan
  • Mengurangi resiko kanker kolon
  • Mencegah timbunan plak kolesterol jahat
  • Mengendalikan insulin dan gula darah
  • Mengurangi resiko wasir dan iritasi pada usus.
  • Nilai GI yang lebih rendah.

2. Meningkatkan Sistem Imun
Tidak dipungkiri sistem imun yang baik akan mempengaruhi kualitas diet yang Anda jalani. Dengan daya tubuh yang baik maka akan lebih mudah menjalani program diet. Dalam beras merah memiliki kandungan zat besi, mangan dan zinc. Zat besi sendiri berperan dalam proses pembentukan sel darah merah yang membuat kita terhindar dari anemia.

Zinc meningkatkan daya tubuh, sementara itu mangan berfungsi untuk mengaktifkan enzim penting dalam pembentukan tulang.

3. Produksi Sel-sel DNA
Selain kandungan penting yang telah disebutkan terkandung dalam beras merah, beras merah diperkaya oleh mineral penting dan kaya akan vitamin B6. Vitamin B6 sendiri diperlukan untuk menjaga keseimbangan produksi hormon serotonin, produk sel-sel DNA dan sel darah merah.

Nah, dengan diet yang baik dan bermanfaat bagi kesehatan seperti ini tentu program cara menurunkan berat badan Anda menjadi lebih berkualitas. Anda tidak hanya punya tubuh yang indah saja tetapi juga kesehatan yang prima. Untuk mendukung konsumsi beras merah tersebut, kemudian Anda bisa melanjutkan dengan konsumsi minuman yang baik pula. Beberapa minuman yang berguna untuk menurunkan berat badan yang patut Anda coba secara rutin antara lain:

  1. Jus Jeruk
  2. Jus apel
  3. Jus Cranberry
  4. Jus anggur merah
  5. Jus tomat

Tentunya tidak ketinggalan gaya hidup sehat yang termasuk di dalam melakukan aktivitas fisik – penting dilakukan. Aktivitas fisik sendiri tidak perlu yang berat, cukup yang ringan namun secara rutin. Dengan cara-cara seperti ini maka bukan mustahil berat badan turun dan memiliki bentuk tubuh yang proporsional – serta tentunya kesehatan yang baik.