Manfaat jus wortel, sekarang ini sudah banyak orang menyadarinya. Inilah yang membuat tanaman yang tergolong ke dalam sayuran ini tidak hanya dijadikan sebagai konsumsi sayuran saja tetapi juga minuman. Pada umumnya memang wortel dijadikan tumis sayur ataupun yang paling populer sebagai campuran sayuran dalam sop. Namun, salah satu cara efektif mendapatkan manfaat kandungan wortel ini adalah diolah menjadi jus.

Rasanya mungkin tidak terlalu enak bagi sebagian orang, namun sebenarnya bisa disiasati. Yang paling penting adalah kandungan manfaat jus wortel bagi kesehatan kita. Beberapa kandungan utama paling penting dalam jus wortel antara lain adalah vitaminnya yang lengkap mulai dari vitamin A, B, C, D, E dan K. Selain itu, terdapat pula kandungan beta karoten, karbohidrat, protein, lemak, fosfor, kalsium, zat besi, asam amino, serat yang tinggi serta minyak esensial. Dari kandungannya ini bisa disimpulkan beberapa manfaat jus wortel tersebut yakni sebagai berikut:

  1. Kandungan vitamin A yang tinggi dalam jus wortel berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah beberapa penyakit gangguan penglihatan.
  2. Kandungan vitamin B membantu proses metabolisme tubuh sehingga kinerja tubuh menjadi lebih baik dan lancar.
  3. Kandungan vitamin C dalam wortel berperan sebagai anti-bodi yang dapat menjaga daya tahan tubuh. Penyakitpun bisa dihindari karena kondisi tubuh yang prima dapat menolak berbagai serangan penyakit.
  4. Kandungan vitamin E pada jus wortel berperan dalam regenerasi kulit agar tetap tampak segar, bebas dari jerawat dan memperlambat penuaan dini.
  5. Kandungan kalsium dan fosfor yang ada pada jus wortel terbukti efektif mengurangi resiko terjadinya keropos tulang.
  6. Jus wortel juga efektif menurunkan tekanan darah tinggi sehingga baik dikonsumsi oleh penderita Hipertensi.
  7. Jus wortel dapat mengurangi rasa nyeri perut ketika sedang menstruasi pada wanita. Anda bisa meminum jus wortel secara teratur selama menstruasi ataupun memang rutin meminumnya baik selama atau tidak menstruasi.
  8. Konsumsi jus wortel secara rutin juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Dengan begitu, resiko penyakit stroke akan diminimalisir.
Manfaat Jus Wortel

Manfaat Jus Wortel

Cara Tepat Mendapat Manfaat Jus Wortel

Namun, untuk mendapatkan manfaat jus wortel – pembuatannya haruslah tepat. Kalau salah cara malah akan mengurangi kandungan berkhasiatnya. Meski memang membuat jus wortel tidaklah sulit. Berikut beberapa hal yang bisa Anda perhatikan ketika membuat jus wortel agar tidak kehilangan manfaatnya yang berharga:

  • Pilih wortel yang bagus. Beberapa kriterianya adalah: wortel yang masih segar, yakni yang baru dipanen atau bahkan baru diambil dari tanah. Biasanya wortel yang segar ditandai dengan fisiknya segar berwarna oranye cerah dan tidak berkeriput.
  • Pilih wortel yang masih muda, jangan yang tua. Wortel yang masih muda ditandai dengan warna oranye segar. Jus wortel yang dibuat dari wortel muda ini terasa lebih enak dan tidak pahit ketimbang yang sudah tua.
  • Jangan ambil bagian daging wortel yang tengah yakni yang sangat keras karena akan merusak kualitas rasanya. Namun kalau wortel berukuran kecil dan masih muda biasanya bagian ini tidak perlu dibuang.
  • Perhatikan jumlah air yang dituangkan pada blender guna menghaluskan wortel tersebut. Jangan terlalu banyak karena akan mengurangi kandungan nutrisinya akibat terlarut dalam air.
  • Tambahkan perasa jika ingin, seperti misalnya gula atau madu. Atau, Andapun bisa mengombinasikan dengan buah-buah lainnya.

Selamat mencoba manfaat jus wortel!