Air panas atau sumber mata air panas merupakan mata air yang dihasilkan oleh kerak bumi yang menghasilkan air tanah yang sudah dipanaskan secara geotermal. Manfaat air panas sendiri sangat banyak, karena itu banyak orang yang sering menjatuhkan pilihan untuk berendam air panas agar rileks. Bukan tanpa alasan, air panas ini memiliki kandungan yang agak berbeda dari air biasa. Kandungan terdiri atas kadar mineral yang tinggi seperti misalnya litium atau radium dan kalsium.

Makanya tidak jarang kita melihat beberapa orang membangun bisnis di bidang pemandian air panas baik untuk sekadar rekreasi hingga pengobatan. Air panas juga sangat baik untuk dikonsumsi karena baik untuk kesehatan tubuh, meski memang ya rasanya tidak sesegar air putih dingin. Berikut beberapa manfaat air panas untuk dikonsumsi:

  • Minuman panas sangat cocok bagi Anda yang suka mengonsumsi berbagai makanan berlemak. Fungsinya adalah untuk mengencerkan lemak agar gampang dicerna oleh lambung sehingga tidak tertimbun di dalam tubuh. Jadi, setidaknya akan meminimalisir resiko kelebihan berat badan ataupun penyakit lainnya meski makan makanan yang berat. Oleh karena itu, mereka yang sedang dalam program diet disarankan untuk mengonsumsi air panas secara teratur.
  • Suhu lambung tetap terjaga optimal untuk melakukan perannya. Enzim pencernaan sendiri akan bekerja optimal pada suhu tubuh 37 derajat celcius.
  • Minum air panas juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya sembelit, iritasi usus besar dan diare. Jika memungkinkan minum air panas segera sesudah bangun, namun jika tidak pastikan untuk minum air panas sebelum sarapan.

Walau sebenarnya Anda juga bisa berkreasi dengan berbagai campuran, berikut beberapa aneka resep menggunakan air panas sebagai minuman:

  1. Minuman panas dicampurkan madu ataupun jahe guna menambah tenaga dan daya tahan tubuh.
  2. Ketika membuat kopi dengan air panas maka jangan yang terlalu kental. Ini supaya tubuh gampang menyerap cairan dengan lebih optimal.
  3. Sedikit tips ketika membuat teh herbal ataupun teh madu, sebaiknya tidak menggunakan air panas yang baru mendidih. Tetapi, Anda bisa menunggu beberapa saat.

Manfaat Air Panas untuk Mandi

Kalau tadi kita membahas manfaat air panas dengan cara mengonsumsinya, air panas juga dapat memberi manfaat dengan cara dipakai mandi. Banyak orang memang suka mandi air panas karena terasa efek langsung dimana terasa lebih segar dan ringan pada tubuh.

  • Mandi air panas akan membantu tubuh untuk melakukan relaksasi otot. Ketika kita mencelupkan diri ke dalam air, tekanan darah mengalami peningkatan sementara. Nah, semakin lama direndam maka darah akan merasakan pemanasan dan mencapai otot yang lebih dalam. Kemudian, efeknya mengarah ke perluasan pembuluh darah.
  • Mandi air panas sebelum tidur akan membuat seseorang lebih nyenyak tidur. Ini dikarenakan air panas akan menenangkan tubuh dan membuatnya lebih rileks dan santai. Mereka yang menderita insomnia juga disarankan untuk mandi air panas 2 jam sebelum tidur.
  • Manfaat air panas juga khususnya membersihkan lapisan kulit atas. Keringat akan dibuang keluar dari tubuh.

Air panas di sini yang digunakan untuk konsumsi minum bisa yang dimasak di rumah, begitu juga untuk penggunaan mandi. Namun, kalau Anda punya waktu – tidak ada salahnya untuk bepergian ke sumber mata air panas yang ada di sekitar daerah Anda. Sekalian berekreasi, Anda bisa menikmati kesegaran dan sehatnya manfaat air panas ini!